Senin, 22 Juli 2013

IPS kelas 7 (Kurikulum 2013) - Konektivitas Antar-Ruang dan Waktu

Assalamu'alaikum.WR.WB
hai semua ! untuk kelas 7 :)
saya juga baru duduk dikelas 7 :D
cuma mau bagi bagi ilmu saja :) , ditahun 2013 ini di SMP ada kurikulum baru, nah kurikulum ini tidak semua SMP ada, contoh nya di kota Malang (kota saya :) ) hanya SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4 (SMP saya), SMPN 5, SMP Sabillillah dan yg lainnya. nah ! untuk ini saya membagi bagi ilmu untuk kalian semua !

TAPI INI HANYA RANGKUMAN SAYA !
JADI KLO ADA KEKURANGAN MOHON DI MAAF KAN :)


Koneksi Antar-Ruang dan Waktu

   Suatu peristiwa dapat dikaji berdasarkan aspek ruang, wakru, kebutuhan, kemasyarakatan, dan budaya.
Ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian. Ruang tidak hanya sebatas udara yg bersentuhan dengan permukaan bumi, tetapi juga lapisan atmosfer terbawah yg memengaruhi permukaan bumi. Ruang mencangkup perairan (laut, sungai, dan danau) dan dibawah permukaan bumi (air tanah).
   Contoh contoh terkaitan antara ruang satu dengan yg lainnya :

  1. peristiwa banjir di jakarta terjadi karena kerusakan hutan dibogor, air hujan yg jatuh di daerah bogor sebagian besar masuk ke sungai. hanya sebagian kecil air hujan yg terserap oleh tanah di bogor. akibatnya jakarta terkena banjir
  2. kampung A tidak pernah membuang sampah pada tempatnya, sedang kampung B selalu menjaga kebersihan, seperti membuang sampah pada tempatnya, melakukan kerja bakti setiap hari minggu, kampung B selalu bersih tanpa ada sampah, jika ada sampah selalu ditaruh di tempatnya. kemuadian di kampung A dan B terjadi hujan yg sangat lebat sekali. di kampung A terjadi banjir yg lumayan tinggi, air banjir di kampung A itu menuju ke kampung B melalui sungai.

     Aspek Waktu adalah Aspek yg berhubungan dengan waktu. contohnya : terjadi peristiwa banjir di jakarta pada tahun 2013. Peristiwa banjir terkait dengan oleh ruang, yaitu Jakarta dan waktu, yaitu pada tahun 2013. Waktu dibagi menjadi 3 bagian yaitu, waktu lampau, waktu sekarang dan waktu yg akan datang. Waktu lampau adalah waktu yg sudah berlalu. Contohnya : Pada tahun 1945 Indonesia menyatakaan kemerdekaannya. Pada tahun 1945 itu ada adalah waktu lampau/waktu yg sudah berlalu. Waktu sekarang adalah waktu yg sedang terjadi. mksdnya adalah detik sekarang ini, itu mksdnya waktu sekarang. Waktu yg akan datang adalah waktu yg suatu saat nanti akan tiba. Contohnya : Tahun ini, tahun 2013 telah mendapatkan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Pada saat 2045 Indonesia akan memperingati Hari Merdeka yg ke 100. Tujuan di buatnya kurikulum baru adalah untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. tahun 2013 adalah contoh waktu sekarang dan Pada saat 2045 adalah contoh waktu yg akan datang.

     Interaksi Sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis, baik yg menyangkut hubungan antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, antara kelompok dan kelompok. Maksud dari Individu dan Individu adalah bicara dengan teman 1 orang. Contoh : Budi dan Anto sedang berbicara masalah kepribadian. Maksud dari Individu dan kelompok adalah 1 orang yg berbicara yg mendengarkan banyak org, seperti guru dan murid. Maksud dari Kelompok dan Kelompok adalah berkerja kelompok, seperti kerja bakti, piket kelas.
Contoh Aspek Kelangkaan dan Aspek Kemasyarakatan
Aspek kelangkaan : aspek kelangkaan biasanya berhubungan dengan hal hal yg langka contohnya
Di Papua memerlukan dokter yg sangat penting untuk masyarakat di papua, itu contoh untuk Aspek kelangkaan. Untuk lebih jelasnya aspek kelangkaan bertema langka atau berhubungan hal hal yg langka

Aspek kemasyarakatan : aspek ini biasanya mengaju ke masyarakat seperti gotong royong yg dilakukan pada hari minggu. Pokok nya berhubungan dengan masyarakat :)


jika blm paham, kalian bisa coment kok (y)


sekian saja dari saya kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih



TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG
SILAKAN LIHAT POST SAYA YG LAIN
TERIMA KASIH



Assalamu'alaikum.WR.WB

74 komentar:

  1. jangan lupa untuk tinggalkan comment di blog ini !
    jika bingung silakan comment
    not problemo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih 2 contoh lagi donk!

      Hapus
    2. blog ini sangat bermatfaat bagi saya, saya smpn 1 Tuban

      Hapus
    3. Kasih aspek kelangkaan dan kemasyarakata dong.Saya smpn 1 palembang

      Hapus
    4. akibat konektifitas ruang dan wkt apa gan ??

      Hapus
    5. tambah lagi donk

      Hapus
    6. kalau contoh aspek ruang dan aspek waktu itu apa ya tolong dijawab

      Hapus
    7. contoh dari keterkaitan ruang dan waktunya mana ???,kok ga di kasih tau, saya dari smpn 30 jakarta

      Hapus
    8. wkwkwkkwk spm punya aq juga kur 2013 smpn1salaman maaf calo tdk copan

      Hapus
    9. 3 contoh lagi bray
      saya MTsN dangung"

      Hapus
  2. gak ada coment deh :D
    trmksi aja deh ya :)
    makasi udh ngebantu saiiaa lagi kerjain PR ips,saiiaa juga kelas 7,tapi di denpasar Bali (SARASWATI 1 SLUB)
    belum ada kurikulum 2013 di sekolah saaiiaa...
    sekali lagi makasi yaaahh ;)

    BalasHapus
  3. wah makasih sangat mebantu untuk tugas lebaran xD,, saya kelas 1 SMP 3 malang

    BalasHapus
  4. ngerti gak tentang upaya memenuhi kebutuhan pokok di zaman prakarsa, hindu-budha, islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo praaksara itu dgn brburu &mngumpulkan mkanan(food gathering),bercocok tnam, dan bertrnak (hal 40 bku ips ) :) slnjutnya gk tau :p

      Hapus
    2. ???????????????????25 Agustus 2013 05.40

      kamu cwe/cwo???

      Hapus
  5. alhamdulillah tugas selesai.......

    BalasHapus
  6. kalo contoh keterkaitan antar ruang dan waktu dalam aspek kelangkaan apa ya? mohon bantuannya

    BalasHapus
  7. saya ingin bertanya , contoh keterkaitan aspek ruang, aspek kelangkaan dan aspek kemasyarakatan apa saja ??

    BalasHapus
  8. anak cerdas hadir .....
    jeng jeng!!!!!!!!!

    BalasHapus
  9. terima kasih ini sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  10. kalu contoh aspek waktu dalam keterkaitan antar daerah gimana ya..? contohnya

    BalasHapus
  11. Thanks yaa .. kalo aspek kelangkaan gmna ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alfina Mapalidara29 Agustus 2013 04.47

      kelangkaan , seperti bontag tidak ada yang menanam padi sehingga tidak ada beras . maka bontang membelinya di samarinda . seperti itu teman .

      Hapus
  12. Thanks infonya gan...........

    BalasHapus
  13. oiya aku ada sebuah pertanyaan :
    1.membedakan ruang daerah kecil dengan ruang derah besar dilingkungan hidup

    BalasHapus
  14. terima kasih telah mengkomentari, semua masukan masukan anda telah saya baca, saya akan membalasnya di post yg lain terima kasih

    BalasHapus
  15. Wahhh aku masih belum ngerti tuh,dari tadi malam aku baca rangkumannya soalnya adek aku prlu banget. Jadi aku ngarang ajj sedikit.
    PR dia tu ada 5 pertanyaannya...
    Susah yaa??pelajarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alfina Mapalidara29 Agustus 2013 04.44

      wahh , adeknya curang , kerjakan sendiri dong , kan uda di jelaskan sama bu / pak gurunya

      Hapus
  16. maternuwon sanget maz , kalo bisa penjelasannya diperbanyak.

    BalasHapus
  17. M@K@SIH KARENA SAYA DAPAT NILAI BAGUS

    BalasHapus
  18. (y) saya dari smp n 1 argamakmur bengkulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alfina Mapalidara29 Agustus 2013 04.41

      ga nanya , bro

      Hapus
  19. Hai , aku juga kelas 7 , aku punya pr buat contoh aspek aspek nya
    , bikin contohnya dong :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alfina Mapalidara5 September 2013 05.13

      bikin diri donk , minta ama orang , curang banget sih loh !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. thanks ( TERIMA KASIH ATAS JAWANNYA )

    BalasHapus
  22. hai saia chika dari smpn 01 banjar agung(lampung) saia juga kls 7 d smp saia juga ada kurikulum 2013 nya.tanya dung upaya memenuhi kebutuhan pokok masa hindu-budha tu apa an ya?soalnya saia cari d google+d buku paketnya ga ada please help me bsk mo d kmpul nie prny. Sebelumnya terimakasih

    BalasHapus
  23. Alfina Mapalidara29 Agustus 2013 04.39

    makasih ya , atas infonya teman , bagi saya kamu sangat HEBAT , tapi contoh nya kurang banyak , kasi lagi ya . kita kenalan ya . nama saya alfina mapalidara di SMPN 1 bontang ( kalimantan Timur )

    BalasHapus
  24. haduh gan aspek masyarakatnya kok ga ada ki kepriwe ??

    BalasHapus
  25. SMPN 2 Karanganyar jawa tengah

    BalasHapus
  26. Boleh kasih contoh apek waktu,kelangkaan,sama kemasyarakatan,dong.Terima kasih

    BalasHapus
  27. kasih contoh lagi dong.. Lagi ada tugas nih T_T

    BalasHapus
  28. Kasih lagi donk contoh aspek kelangkaannya,,,,

    BalasHapus
  29. hy salam kenal:)aku anak padang
    oh iya dipadang jg ada sekolah yg pakai buku ktsp 2013 lho..yaitu:smpn 1,smpn 8,smpn 12,dan smpn 31 smpku..mungkin ada beberapa lagi..

    makasih ya udah bantuin tugas ku
    oh iya namaku Salsabilla Maroofa Ardian dari Smpn 31 padang

    BalasHapus
  30. oh iya follow donk:@Salsabilla14MA
    Add juga fb aku ya:SALSABILLA MAROOFA ARDIAN

    Thanks ya...

    BalasHapus
  31. Kasih contoh essai konektivitas ruang dan waktu min 50 kata dong kalo bisa

    BalasHapus
  32. makasih ya atas blog ini cukup membantu,, trus bab-bab lain tolong di rangkum juga dong! saya ranti dari smp 1 gianyar :)

    BalasHapus
  33. bang kasih contoh aspek kelangkaan dan kemasyarakatan saya masih kelas 7 SMP di surabaya

    BalasHapus
  34. Perasaan ini sama kaya yg ada di buku IPS deh ??

    BalasHapus
  35. Terima kasih info nya :)
    Saya kelas 7 smpn 18 malang

    BalasHapus
  36. maunya penjelasan diatas yg lebih akurat.....
    saya smp 25 klas 7 batam

    BalasHapus
  37. masih bisa diperjelas lagi nggak? maaf sebelumnya soalnya menurut saya itu kurang jelas

    BalasHapus
  38. Saya lagi uts
    trim ya gan ok,,,

    BalasHapus
  39. raidah sabrina k9 Oktober 2013 07.29

    Kasih tau lebih bayak dong, informasi y!,saya dari smp n 1 palembang

    BalasHapus
  40. yo tong blog nya jangan di kasiin musik quota gw jadi abis

    BalasHapus
  41. yg gk balas maho

    BalasHapus
  42. contohnya apa lagi,,
    by: anak klas 7Dhe SMP NEGERI 6 PURWOREJO

    BalasHapus
  43. Materinya ringkas, tapi dalam penjelasan dan pemberian contoh mohon dipisahkan masing2 poin, mungkin dengan dikasih nomor urutan dll.

    BalasHapus
  44. kalo contoh konektivitas antar ruang dan waktu tp gk dipisah gmna?langsung jdi 1 kalimat gitu

    BalasHapus
  45. aspek waktu nya kurang jelas,answer please yang lebih jelas aspek waktu nya

    BalasHapus
  46. aspek waktu nya kagak jelas

    BalasHapus
  47. ASPEK TEMPAT nya mane? kalo buat sesuatu kalo bisa jangan setengah2 ya .. dan terimakasih atas blog nya karna berharga... answer ya.. aspek waktunya gak jelas dan gak ada ccontoh aspek tempat terimakasih

    BalasHapus
  48. Apa hubungan antara Letak Geografis dan Astronomis dengan Konsep Ruang dan Waktu

    BalasHapus
  49. febby rosanada11 Agustus 2014 01.44

    thanks yaa,udah bantu aku ngerjain PR,aku kelas 7 SMPN 22 B.Lampung

    BalasHapus
  50. thanks ya,,soalnya besok kami pre test ips.... smpn 3 medan hadirr

    BalasHapus
  51. Thanks tapi kalau tentang perpindahan penduduk dengan ruang dan waktu?

    BalasHapus
  52. kasih 3 contoh lagi

    BalasHapus